Taman Laut Banda

Thursday, December 20, 2012


Salah satu atraksi alam yang potensial bagi pengembangan pariwisata di Propinsi Maluku adalah adanya taman-taman laut dengan terumbu karang yang cukup luas dan indah berkelompok di sekitar Pulau Neira dan Pulau Banda Besar. Di sinilah terdapat Taman Laut Banda.
Terumbu karang di kepulauan Banda ini merupakan salah satu yang terkaya akan jenis karangnya di antara terumbu karang lainnya yang ada di dunia. Dari 700 jenis karang yang ada di dunia sekitar 432 jenis karang (64%) terdapat di kepulauan Banda.
Taman-taman laut tersebut secara resmi telah ditetapkan sebagai Cagar Alam/ Taman Laut Banda dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 221/Kpts/Um/4/1977 tanggal 25 April 1977 seluas 2.500 ha.
Secara administratif Pemerintahan, Cagar Alam Taman Laut Banda ini termasuk ke dalam Kecamatan Banda, Kabupaten Daerah Tingkat II Maluku Tengah.
Cagar Alam/Taman Laut Banda memiliki potensi yang menonjol, antara lain adalah :
           Komunitas terumbu karang yang cukup luas dan lengkap tersusun rapi secara alamiah dengan diversitas moluska yang cukup tinggi.
           Flora yang terdiri dari berbagai jenis rumput laut.
           Berbagai jenis burung seperti raja udang hutan (Halcyon macleayii), gangsa batu kaki merah (Sula sula), dan ikan hias dalam berbagai ukuran dan warna.     








Untuk mencapai kawasan Cagar Alam/Taman Laut Pulau Banda, dapat ditempuh antara lain dengan cara dari Ambon ke Banda (Neira) dengan menggunakan pesawat terbang dengan waktu tempuh sekitar satu jam atau dengan menggunakan kapal laut, dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Dari Pulau Banda (Neira) dapat langsung masuk ke kawasan dengan perahu carteran dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

0 comments: