Karimun Jawa

Thursday, December 20, 2012


Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Bagi para diver, Caribbean Van Java (nama lain Karimun Jawa dari Bowo Hartanto seorang travel junkie) merupakan salah satu spot surga yang ada di Indonesia Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tidak hanya kaya akan terumbu karang, Karimun Jawa memiliki hutan mangrove, kawasan hutannya dihuni pula hewan-hewan yang dilindungi. Disini juga terdapat penangkaran hiu dan pari.
Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.
Keaneragaman spesies laut yang terdapat di dalamnya, seperti penyu hijau, penyu sisik, ikan pari, hiu, ubur-ubur, rumput laut dan sekitar dua ratus jenis ikan hias di dalamnya. Selain itu, hampir seluruh pantai di Kepulauan Karimunjawa juga di kelilingi oleh berbagai jenis terumbu karang berwarna-warni, baik di perairan dangkal maupun di perairan dalam. Hal inilah yang membuat tempat ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa pada tahun 1999 dan dikelola oleh Kementerian Kehutanan. Selanjutnya pada tahun 2001, sebagian luas wilayah taman nasional ini kemudian ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan.









Cara mencapai lokasi, dari Jepara (Pelabuhan Kartini) menuju Karimun Jawa dengan naik kapal motor Dewodaru dan Tongkol dua kali dalam seminggu. Dapat juga dari Semarang (Bandara Ahmad Yani) menuju Pulau Kemujan (Bandar Dewodaru) dengann pesawat udara sekali seminggu.

0 comments: