Merapat ke Raja Ampat

Thursday, December 20, 2012


Selain di Wakatobi, Indonesia juga memiliki tempat menyelam lain yang tak kalah keren. Tempat penyelaman tersebut terletak di timur Indonesia yakni Kepulauan Raja Ampat. Kepulauan ini terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua dan memiliki empat pulau besar yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo. Di tahun 2011, jumlah wisatawan yang datang ke Raja Ampat sebanyak sekitar 8400 orang. Dari jumlah itu 8000 di antaranya, merupakan wisatawan mancanegara yang kebanyakan dari benua Eropa, Amerika dan Asia, sedangkan sisanya pelancong tanah air.
 
Raja Ampat menawarkan paket wisata yang lengkap yang mengedepankan aspek keanekaragaman hayati baik di dalam laut maupun di atas laut dengan pemandangan yang begitu memikat. Wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati terlengkap di dunia.

Untuk wahana bawah air, wilayah ini memiliki 553 jenis koral yang merupakan yang terbanyak seantero jagad dengan presentase 70 persen dari yang ada di bumi. Selain itu, wilayah perairan Raja Ampat juga memiliki 1432 jenis ikan, 699 moluska, 16 jenis ikan mamalia serta satu jenis dugong. 




Ini dia the walking shark atau hiu berjalan  di Raja Ampat 



Itu yang membuat keanekaragaman hayati Raja Ampat terbaik di dunia. Belum lagi Raja Ampat merupakan wilayah yang menjadi perlintasan ikan paus karena lokasinya yang berada di bibir samudra pasifik. Rombongan paus melintas ke sana pada periode Juni-Oktober.  Selain itu, Raja Ampat juga memiliki sejumlah spesies bawah laut yang masuk dalam kategori langka di antaranya adalah hiu karpet, dan walking shark atau hiu berjalan. Hiu berjalan ini unik. Hewan tersebut sering berjalan dengan sirip, bukan berenang seperti ikan lain. 

Wilayah ini juga menyajikan pesona daratan yang tak kalah memikat. Gugusan pulau-pulau yang dikenal dengan sebutan the four king ini memiliki formasi karst (batu kapur) yang tiada duanya dipadu dengan kehadiran burung-burung langka seperti Cenderawasih Merah, Cenderawasih Wilson, serta Maleo Waego.
Itulah pesona yang dimiliki Raja Ampat sehingga tak heran tempat tersebut sering dikunjungi wisatawan terutama wisatawan luar negeri. Pada tahun 2011 lalu, Raja Ampat berhasil meraih predikat Kota Tujuan Wisata Favorit dalam ajang penghargaan Indonesia Tourism Award 2011

Untuk menuju ke sana, pertama kita naik pesawat dari Jakarta menuju Sorong. Setelah itu, dari Sorong ke Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat.

0 comments: