Kerennya Bunaken

Thursday, December 20, 2012


Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari Kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua.

Taman Nasional Bunaken memiliki keanekaragaman hayati pesisir dan laut yang sangat tinggi dan terdapat tiga ekosistem utama perairan tropis Indonesia, yaitu Terumbu Karang, Hutan Bakau dan Padang Lamun. Bunaken mempunyai sedikitnya 40 tempat penyelaman yang kaya akan ikan ikan tropis dan terumbu karang. Pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan 150 spesies dari 58 genus ikan serta terumbu karang di kawasan laut bunaken ini. Di laut Bunaken ini juga akan kita temukan salah satu jenis ikan purba yaitu ikan choelacant (ikan raja laut) yang hidup dikedalaman 80 meter. Secara keseluruhan, Taman Laut Nasional Bunaken, Indonesia meliputi area seluas 75.262 hektar yang terdiri dari 5 pulau yaitu pulau menado tua, pulau bunaken, pulau siladen, pulau mantehage dan pulau naen.




 
Taman Laut Bunaken memiliki 29 titik selam (dive spot) dengan kedalaman mulai 1.344 meter. Dari 20 titik selam. 12 titik selam diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Ke 12 titik selam inilah yang kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemadangan laut.

Pengunjung yang akan masuk kawasan taman laut bunaken dikenakan tiket sekali masuk sebesar Rp 50.000 per orang. Biaya ini berlaku bagi yang ingin menyelam maupun yang tidak. Selain itu ditawarkan pula tiket yang berlaku satu tahun hanya sebesar Rp 150.000 ,00.

0 comments: